Minggu, 12 Januari 2014

Jangan Sombong Saat Sukses

12 Januari 2014
Minggu, 12 Januari 2014
Bacaan Alkitab hari ini: Yesaya 14

Akar dari dosa adalah kesombongan. Manusia perlu menyadari posisinya dan tidak boleh bertindak melampaui apa yang wajar (14:13-15). Kembalinya bangsa Israel (Utara maupun Selatan) ke Tanah Perjanjian (14:1) mengandung arti hancurnya Kerajaan Asyur dan Kerajaan Babel yang telah menjadikan mereka sebagai tawanan. Kehancuran Kerajaan Asyur dan Kerajaan Babel itu digambarkan sebagai terkubur di dalam tanah dan disambut oleh ulat dan cacing (14:11) atau sebagai “Bintang Timur” yang jatuh dari langit ke bumi (14:12).
Pemaparan secara simbolis tentang kejatuhan Kerajaan Asyur dan Kerajaan Babel merupakan peringatan keras bagi umat Tuhan agar kita tidak menjadi sombong saat Allah menganugerahkan kesuksesan. Bila kita menempati posisi yang tinggi atau kita memiliki kekayaan yang luar biasa, ingatlah bahwa kesuksesan kita itu tidak boleh membuat kita menyombongkan diri dan kesuksesan kita juga tidak boleh membuat kita memakai kesuksesan itu untuk menindas orang lain. Saat kita berada dalam posisi puncak, kita harus berjuang agar kita tetap bersikap rendah hati. Ingatlah bahwa kita semua harus tetap tunduk dan merendahkan diri di hadapan Allah saat kita berada dalam posisi puncak. Sebagaimana Allah merobohkan Kerajaan Asyur serta Kerajaan Babel saat mereka menyombongkan diri, demikian pula Allah akan menghukum kita bila kita tidak bersedia untuk tetap tunduk kepada Allah!


Yesaya 14:13-15
“Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu:
Aku hendak naik ke langit,
aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah,
dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara.
Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan,
hendak menyamai Yang Mahatinggi!
Sebaliknya, ke dalam dunia orang mati engkau diturunkan,
ke tempat yang paling dalam di liang kubur.”
Pokok Doa
1. Generasi Muda Indonesia.
2. Pembina Pemuda dan Remaja GKY.
3. Yayasan Gema Kasih Yobel.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design