Kamis, 3 Juli 2014

Orang Berdosa Pulanglah

3 Juli 2014
Kamis, 3 Juli 2014

Bacaan Alkitab hari ini: Yeremia 3

Tuhan menginginkan supaya bangsa Yehuda bertobat. Seruan pertobatan dalam relasi Allah dengan umat-Nya tidaklah mudah karena bangsa Yehuda telah meninggalkan Tuhan. Di sini, kita melihat bahwa kasih Tuhan pada umat-Nya luar biasa. Demikian pula, kasih Allah luar biasa terhadap orang percaya yang telah jatuh ke dalam dosa sampai begitu dalam, Allah berseru supaya umat-Nya bertobat dan kembali kepada Allah karena Allah sangat mengasihi umat-Nya.

Dalam pasal ini, berkali-kali Tuhan mengatakan “kembali”, baik dalam bentuk harapan Tuhan dari kesadaran umat-Nya (3:7), maupun ajakan langsung yang diserukan Tuhan kepada umat-Nya (3:12, 14, 22). Pada waktu itu, keadaan umat digambarkan seperti istri yang sudah tidak diinginkan lagi oleh suaminya karena perzinahan yang telah dilakukan istrinya sebagai bentuk gambaran dari penyembahan berhala yang mereka lakukan. Kata “kembalilah” menunjukan bahwa Allah tetap penuh belas kasihan dan mau menerima umat-Nya kembali.

Allah menyediakan kesembuhan kepada mereka yang mendengar seruan pertobatan dan mau mengakui segala perbuatan dosanya, dan mau bertobat sungguh-sungguh (3:13, 22). Kesembuhan dari Allah akan mengubah kehidupan mereka sehingga hidup mereka dapat menjadi alat kemuliaan-Nya kembali.
Seruan anugerah pemulihan ini harus diresponi dengan keseriusan: bukan hanya bersedih karena dosa, tetapi berubah. Bukan hanya menyesal, tetapi bertobat. [LH]

Yeremia 3:13, 22a

“Hanya akuilah kesalahanmu, bahwa engkau telah mendurhaka terhadap TUHAN, Allahmu, telah melampiaskan cinta berahimu kepada orang-orang asing di bawah setiap pohon yang rimbun dan tidak mendengarkan suara-Ku, demikianlah firman TUHAN. Kembalilah, hai anak-anak yang murtad! Aku akan menyembuhkan engkau dari murtadmu”
Pokok Doa
1. Pegawai Negeri Sipil.
2. Pengentasan Kemiskinan.
3. Majelis Bidang Sosial Sinode GK.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design