Jumat, 11 Juli 2014

Pembalasan adalah Hak Tuhan

11 Juli 2014
Jumat, 11 Juli 2014


Bacaan Alkitab hari ini: Yeremia 11

Pelayanan Nabi Yeremia sebagai nabi Allah menjadi semakin berat. Orang2 dari tanah kelahirannya—Anatot—tidak suka terhadap berita yang disampaikan oleh Yeremia dari Allah(11:21). Mereka bukan hanya tidak suka terhadap berita yang disampaikan oleh Nabi Yeremia, tetapi mereka juga berencana untuk membunuh Nabi Yeremia. Penghuni Anatot bukanlah orang biasa karena Anatot merupakan suatu daerah yang dikhususkan bagi orang Lewi (Yosua 21:13-18). Orang Lewi memiliki hak istimewa untuk bertugas di bait Allah, sehingga diharapkan bahwa mereka lebih rohani dibandingkan suku-suku yang lain.

Di tengah keadaan yang mengancam hidupnya, Nabi Yeremia berseru kepada Tuhan memohon keadilan Tuhan. Nabi Yeremia menyerahkan masalahnya kepada Tuhan dan menantikan Tuhan melakukan pembalasan karena Nabi Yeremia sadar bahwa dia tidak memiliki hak untuk melakukan pembalasan (11:20).

Allah mempedulikan kesulitan Nabi Yeremia. Allah menyatakan keadilan-Nya dan memberikan hukuman kepada orang-orang Anatot yang berusaha melawan Allah dengan mengancam nabi-Nya. Hukuman yang akan diterima oleh penduduk Anatot berupa kematian generasi muda dan anak-anak oleh pedang dan kelaparan.

Nabi Yeremia merasa terhibur karena Tuhan akan membalaskan kejahatan yang dilakukan orang-orang yang menghalangi pekerjaannya dengan cara dan dalam waktu Tuhan. Saat ini pun, orang percaya akan dihibur oleh keadilan Allah, yaitu bahwa orang-orang jahat akan mendapat pembalasan dari Allah. [LH]

Yeremia 11:22b-23
“Aku akan menghukum mereka: pemuda-pemuda mereka akan mati oleh pedang, anak-anak mereka yang laki-laki dan perempuan akan habis mati kelaparan; tidak ada yang tinggal hidup di antara mereka, sebab Aku akan mendatangkan malapetaka kepada orang-orang Anatot pada tahun hukuman mereka”
Pokok Doa
1. Pegawai Negeri Sipil.
2. Pengentasan Kemiskinan.
3. Majelis Bidang Sosial Sinode GK.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design