Sabtu, 12 Juli 2014

Masalah Menumbuhkan Iman

12 Juli 2014
Sabtu, 12 Juli 2014


Bacaan Alkitab hari ini: Yeremia 12


Rasanya tidak adil bila orang percaya—yang hidup saleh di hadapan Tuhan—keadaan hidupnya tidak lebih baik daripada orang-orang yang hidupnya tidak mempedulikan Tuhan atau orang-orang yang munafik (12:2), yaitu orang-orang Anatot yang hendak “menyembelih” Nabi Yeremia (11:19). Atas apa yang dialaminya, Nabi Yeremia berserah kepada Tuhan, supaya Tuhan yang bertindak melakukan pembalasan (12:3).

Akan tetapi, respons Allah tidak seperti yang diharapkan Nabi Yeremia. Allah tidak memberi respons terhadap kejahatan yang dialami oleh Yeremia, tetapi fokus respons Allah adalah kepada hamba-Nya sendiri. Allah memberikan pengertian kepada Nabi Yeremia bahwa: Pertama, kehidupan rohani dalam menaati Tuhan itu tidak mudah, harus diperjuangkan seperti bila seseorang mengikuti perlombaan lari. Tuhan mengingatkan Nabi Yeremia bahwa dirinya harus tetap bergerak. Kedua, kehidupan ini tidak menjadi semakin mudah, melainkan semakin sulit. Dirinya harus bergerak berlari seperti berpacu melawan kuda. Ketiga, segala kesulitan yang dialami berguna untuk menumbuhkan iman sehingga kita bisa mempercayai Allah dalam keadaan apapun.

Allah mengajarkan kepada Nabi Yeremia bahwa jikalau Yeremia hanya percaya kepada Allah saat kehidupan aman dan damai, bagaimana Nabi Yeremia dapat percaya kepada Allah saat keadaan sulit.

Bagi kita saat ini, firman Tuhan mengingatkan bahwa kita seringkali begitu mudah percaya kepada Allah di saat keadaan aman dan damai. Pergumulan hidup yang begitu banyak merupakan alat yang dipakai Allah untuk mengajar kita agar percaya kepada Allah di saat keadaan yang tersulit sekalipun. [LH]

Yeremia 12:5
“Jika engkau telah berlari dengan orang berjalan kaki, dan engkau telah dilelahkan, bagaimanakah engkau hendak berpacu melawan kuda? Dan jika di negeri yang damai engkau tidak merasa tenteram, apakah yang akan engkau perbuat di hutan belukar sungai Yordan?”
Pokok Doa
1. Pegawai Negeri Sipil.
2. Pengentasan Kemiskinan.
3. Majelis Bidang Sosial Sinode GK.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design