1 Samuel 11

Bersandar Kepada Tuhan

25 Juli 2020
GI Wirawaty Yaputri
Kuasa di dalam pelayanan tidak didapatkan seorang pelayan Tuhan dari kemampuannya sendiri, melainkan dari Tuhan. Seorang hamba Tuhan yang melayani di belakang mimbar tidak akan memancarkan kuasa Tuhan melalui khotbahnya jika ia tidak bersandar pada Tuhan. Ia dapat menyampaikan khotbah yang bagus, tetapi khotbah itu belum tentu memiliki kuasa untuk mengubah kehidupan. Seorang guru Sekolah Minggu yang mengajar dengan kreatif tidak akan dapat menyentuh hati murid-muridnya tanpa berdoa dan bersandar pada Tuhan. Semua orang yang ingin menghasilkan buah dalam pelayanannya membutuhkan kuasa Roh Kudus. Tanpa kuasa Roh Kudus, pelayanan kita tidak akan berdampak dalam kehidupan orang yang kita layani.

Saul dapat memimpin peperangan melawan bani Amon karena Roh Allah berkuasa atas dirinya (11:6). Roh Allah memberi keberanian kepada Saul untuk bertindak dan hikmat dalam berperang (11:11). Roh Allah juga yang menggerakkan semua orang Israel, sehingga mereka maju serentak untuk berperang (11:7). Semua kemampuan Saul berasal dari Tuhan. Tuhan yang memberi kuasa kepada Saul untuk mengerjakan tugas yang melekat pada jabatan yang Tuhan percayakan kepadanya. Setelah Saul berhasil memimpin orang Israel untuk mendapatkan kemenangan, orang Israel mengakui Saul sebagai raja mereka dan membarui jabatan Saul sebagai raja di Gilgal. Orang-orang dursila yang sebelumnya meragukan Saul dan menghina dia sekarang menghadapi ancaman kematian, karena orang-orang Israel—yang melihat bahwa kuasa Allah menyertai Saul—sekarang berniat membunuh mereka (11:11). Tuhan membela Saul pada waktu-Nya.

Sebagai para pelayan Tuhan, mungkin kita sering menghadapi sikap tidak menyenangkan dari orang-orang yang meragukan kemampuan kita. Mungkin ada orang yang menolak kita karena cara hidup kita di masa lalu atau karena kelemahan yang kita miliki. Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita untuk bersandar pada Tuhan. Hikmat dan kemampuan melayani berasal dari Tuhan. Tuhan dapat menambahkan apa yang masih kurang dalam pelayanan kita jika kita berusaha dengan giat dan terus bersandar kepada-Nya. Jangan biarkan orang yang tidak takut akan Tuhan melemahkan semangat Anda dalam melayani. Yakinilah bahwa Tuhan akan membela Anda!
Pokok Doa
1. Ikatan Dokter Anak Indonesia (ADAI).
2. Pemanfaatan Sumber Daya Alam.
3. Ketua Umum dan Sekretaris Umum Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design