Roma 13:1-7

Mempengaruhi Pemerintah

20 Agustus 2020
Pdt. Emanuel Cahyanto Wibisono
Rasul Paulus mengungkapkan secara tidak berbelit-belit bahwa pemerintah yang berkuasa adalah hamba Allah untuk kebaikan warga negara (13:4). Melalui suratnya yang lain, Rasul Paulus mengungkapkan bahwa Allah memberikan panggilan yang berbeda kepada setiap orang, misalnya panggilan untuk menjadi rasul, nabi, pemberita Injil, gembala, pengajar (Efesus 4:11). Istilah gembala di sini tidak digunakan dalam pengertian sempit, yaitu hanya menunjuk kepada orang yang memangku jabatan gerejawi sebagai gembala jemaat atau pendeta. Para penguasa disebut pula sebagai gembala (2 Samuel 5:2) yang berperan untuk melakukan yang terbaik bagi kesejahteraan rakyat yang dipimpinnya (Yehezkiel 34:3-6).

Alkitab menyatakan bahwa Allah memberi kemampuan atau bakat yang berbeda-beda kepada setiap orang. Misalnya, Daud memiliki bakat dalam seni musik (1 Samuel 16:18). Selain itu, Sang Khalik memberikan karunia rohani menurut kehendak-Nya (Roma 12:6). Karunia rohani dianugerahkan hanya kepada orang yang percaya kepada Kristus (1 Korintus 12:4) untuk kepentingan bersama (1 Korintus 12:7) dan untuk membangun tubuh Kristus (Efesus 4:11-15). Allah mungkin pula memanggil orang percaya untuk berkarya sebagai pejabat pemerintahan atau sebagai pemimpin dalam dunia politik. Allah memberi kemampuan dan karunia rohani yang tepat supaya pribadi yang Allah utus dapat menjalankan tanggung jawab menurut panggilan-Nya.

Alkitab juga menyingkapkan bahwa orang percaya hendaknya mengembangkan bakat dan karunia rohani-yang telah Allah berikan-semaksimal mungkin (Matius 25:14-30). Setiap murid Kristus tertanam dan bertumbuh dalam gereja, keluarga, serta sekolah Kristen. Dengan demikian, ketiga lembaga tersebut semestinya membantu setiap murid untuk menemukan dan mengembangkan semua kemampuan serta karunianya. Akan tetapi, banyak orang Kristen yang cenderung memberi batasan bahwa generasi penerus gereja tidak boleh berkarya dalam bidang politik. Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia berdosa telah menyalahgunakan kekuasaan yang ia miliki. Namun, Alkitab berkata, "Pemerintah adalah hamba Allah" (Roma 13:4). Apakah yang gereja, keluarga, dan sekolah Kristen dapat lakukan untuk mendukung terwujudnya panggilan Allah itu?
Pokok Doa
1. Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).
2. Kementerian Kesehatan.
3. Majelis Bidang Rohaniwan GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design