2 Samuel 23

Kesimpulan Hidup Orang Benar

28 September 2020
GI Feri Irawan

Kesimpulan sebuah karya tulis merupakan bagian sangat penting yang menjelaskan pandangan penulis terhadap pokok bahasan yang telah disampaikan sebelumnya secara panjang lebar. Kesimpulan inilah yang ditulis Raja Daud sebagai perkataan terakhir di masa tuanya. Dalam kesimpulannya, ia melihat adanya dua hal yang bertolak belakang antara kehidupan orang benar dan kehidupan orang dursila dalam berelasi dengan Allah.

Pertama, relasi antara orang benar dengan Allah (23:1-5). Raja Daud melukiskan kehidupan orang benar yang hidupnya dalam Tuhan dengan gambaran terang fajar pagi atau terang sinar matahari yang menyinari rerumputan setelah hujan reda. Ia sendiri menyaksikan bagaimana dirinya diangkat tinggi dan diurapi Tuhan (23:1). Tuhan mengubah dirinya dari seorang gembala domba biasa menjadi Raja Israel. Hal ini menyadarkan Raja Daud bahwa sebagai orang yang telah menerima kemurahan Tuhan, ia harus hidup benar (adil) dan tunduk kepada Allah (takut akan Allah) yang telah memanggilnya menjadi Raja Israel. Janji yang diberikan Tuhan kepada Daud dan keturunannya (23:5), membuktikan bahwa kehidupan orang benar akan ditopang dan dipelihara oleh Tuhan yang setia.

Kedua, relasi antara orang dursila dengan Allah (23:6-7). Berbeda dengan kehidupan orang benar, Raja Daud menyimpulkan bahwa akhir hidup orang dursila seperti duri yang dihamburkan, yang pada akhirnya berakhir dalam api pembakaran. Ini adalah gambaran tentang kehidupan orang dursila yang tidak memiliki arti dalam dunia. Kehidupan orang dursila akan berakhir dengan kesia-siaan.

Setiap orang di dunia pasti diperhadapkan pada dua kemungkinan kesimpulan mengenai hidupnya dalam hal relasi dengan Tuhan. Namun, orang percaya harus meyakini bahwa kesimpulan hidupnya akan berakhir seperti yang didapatkan Raja Daud. Jika Raja Daud memperoleh janji Tuhan mengenai hidupnya dan keturunannya, maka kita pun mendapat bagian dari janji Tuhan yang sama. Lewat Yesus Kristus, Sang Mesias dari keturunan Daud, setiap orang percaya mendapat kepastian jaminan keselamatan kekal dan kehidupan bersama Tuhan Yesus selama-lamanya. Apakah Anda telah memiliki jaminan bahwa Anda telah diselamatkan dan bebas dari hukuman kekal?

Pokok Doa
1. Ikatan Dokter Anak Indonesia (ADAI).
2. Pemanfaatan Sumber Daya Alam.
3. Ketua Umum dan Sekretaris Umum Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design