Yeremia 25:15-38

Keadilan Allah

23 September 2021
GI Jokhana

Bila seorang anak dihukum, misalnya karena anak itu berkelahi, hukuman itu pasti terasa tidak menyenangkan, bahkan hukuman itu bisa membuat sang anak meragukan kasih sayang sang ayah yang dia anggap lebih memilih untuk mengorbankan anaknya sendiri. Namun, seorang ayah yang bijaksana pasti telah mempertimbangkan penyebab terjadinya perkelahian sebelum menghukum anaknya. Pertimbangan yang seimbang itulah yang membuat sang ayah bisa dikatakan telah bersikap adil.

Bacaan Alkitab hari ini memperlihatkan keadilan Allah. Dalam 25 pasal pertama kitab Yeremia, kita telah berulang kali melihat tema yang berulang, yaitu upaya Allah untuk menyadarkan umat-Nya dengan menjatuhkan hukuman. Dalam bacaan Alkitab hari ini, kita bisa membaca bahwa ternyata murka Allah juga ditujukan kepada bangsa lain. Murka Allah ini disebabkan karena tiga alasan: Pertama, bangsa-bangsa itu juga melakukan kejahatan yang sama dengan kejahatan yang dilakukan oleh umat Tuhan (25:31). Kedua, bangsa-bangsa itu turut bersukacita saat melihat kehancuran Kerajaan Yehuda, bahkan mereka mengolok-olok nama Yahweh. Ketiga, bangsa-bangsa itu malahan turut serta bersikap aji mumpung dalam menghancurkan umat Yehuda ketika Kerajaan Yehuda sedang dihajar oleh kekuatan Raja Babel. Walaupun alasan kedua dan ketiga tidak terlihat dalam bacaan Alkitab hari ini, kedua alasan tersebut dapat dilihat dalam bagian Alkitab yang lain, misalnya Obaja 1:11-14. Pendek kata, secara adil, Allah juga akan menghakimi mereka yang turut serta, baik dalam hal kejahatan moral dan sosial Israel maupun turut menghina nama Yahweh dan berlaku jahat pada umat Yehuda. Betapa adilnya Allah yang memiliki hati bagaikan Sang Ayah!

Sama seperti Allah menciptakan matahari untuk semua orang, baik orang yang beriman maupun tidak beriman, demikianlah keadilan Tuhan berlaku bukan hanya untuk orang yang percaya kepada-Nya, namun juga bagi mereka yang tidak percaya kepada-Nya. Apakah Anda sudah merespons keadilan Allah itu dengan sungguh-sungguh serius beriman dan menerapkan iman Anda dalam kehidupan sehari-hari? Ingatlah bahwa Tuhan yang kita sembah itu adil dalam keputusan-Nya, termasuk saat menjatuhkan hukuman! (Mazmur 51:6).

Pokok Doa
1. Ikatan Dokter Indonesia (IDI).
2. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).
3. Youth GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design