Yeremia 34

Penuhilah Janjimu kepada Tuhan

2 Oktober 2021
GI Jokhana

Setelah menyampaikan pesan-pesan harapan masa depan bagi orang Yehuda (pasal 30-33), Nabi Yeremia melanjutkan dengan pesan tentang penghakiman atas Yehuda. Firman Tuhan datang kepada Nabi Yeremia saat Raja Nebukadnezar dan pasukannya yang besar sedang mengepung Yerusalem. Pengepungan ini disebabkan karena Raja Zedekia telah memberontak kepada Raja Nebukadnezar. Raja Nebukadnezar mewajibkan negara-negara di bawah kekuasaannya memasok pasukan untuk membantunya dalam memerangi Yehuda.

Nabi Yeremia menubuatkan bahwa Yehuda pasti akan kalah, tetapi Raja Zedekia tidak akan mati oleh pedang, melainkan akan meninggal dalam keadaan damai dalam penjara di Babel. Raja Zedekia tidak mau menyerah kepada Raja Nebukadnezar. Akibatnya, anak-anaknya mati disembelih di depan matanya, mata Zedekia dibutakan, lalu ia dibawa ke Babel sebagai tawanan. Kemungkinan, Zedekia bertobat di pembuangan sehingga dia dihargai oleh rakyat Yehuda dalam pembuangan. Oleh karena itu, saat ia mati, umat Yehuda meratapi dia dengan membakar rempah-rempah—yaitu tradisi dalam mengungkapkan kesedihan—sesuai dengan janji Tuhan (34:4-5; 2 Raja-raja 25:7).

Saat Yerusalem dikepung oleh tentara Babel, terjadi suatu peristiwa penting, yaitu umat Yehuda mengadakan perjanjian untuk membebaskan semua budak bangsa Ibrani. Perbuatan ini melambangkan pertobatan pihak para tuan yang ingin menghormati peraturan tahun sabat—yaitu pembebasan para budak Ibrani setiap tahun ketujuh—yang sudah lama mereka abaikan. Sayangnya, pertobatan mereka berumur pendek dan dangkal. Fakta bahwa mereka membuat perjanjian ini di Bait Suci menunjukkan bahwa mereka membuat perjanjian dengan Tuhan. Tindakan mengambil kembali budak yang telah dilepaskan itu berarti bahwa mereka telah melanggar perjanjian dan mencemarkan nama Tuhan. Penarikan sementara tentara Babel dari Yehuda mendorong para tuan untuk melanggar janji mereka. Mereka menyangka bahwa mereka telah aman dan kehidupan segera kembali normal. Akan tetapi, Tuhan berkata bahwa Ia akan membawa kembali Raja Nebukadnezar untuk menghancurkan Yehuda (34:8-22). Jika Anda benar-benar ingin menyenangkan hati Tuhan, apakah Anda telah bertekad untuk memenuhi semua janji Anda kepada Tuhan?

Pokok Doa
1. Badan Narkotika Nasional RI.
2. Lembaga Rehabilitasi Pecandu Narkoba.
3. Majelis dan Staf Bidang PI Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design