2 Petrus 1

Meneguhkan Panggilan Allah

27 Desember 2021
GI Okky Chandra

Bagaimana kita bisa mengetahui bahwa kita adalah anak-anak Allah? Pertanyaan ini merupakan suatu pertanyaan yang penting! Pasal pertama kitab 2 Petrus ini menegaskan pentingnya seorang percaya berusaha supaya panggilan keselamatan yang Allah berikan semakin teguh (1:10). Orang Kristen yang sejati tidak boleh sekadar mengatakan percaya dalam mulut dan hatinya, tetapi imannya tidak menghasilkan buah kesalehan hidup. Rasul Petrus mengemukakan bahwa apabila seseorang benar-benar sudah diselamatkan, ia mendapat anugerah kuasa ilahi yang membuat ia bisa mengambil bagian dalam kodrat ilahi. Artinya, seorang percaya akan diberi kemampuan untuk hidup kudus dan menaati perintah Allah, sehingga ia "luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia." (1:4).

Dengan kuasa ilahi yang dimilikinya, orang Kristen dinasihatkan untuk mengembangkan karakter-karakter kristiani sebagai berikut: iman, kebajikan, pengetahuan, penguasaan diri, ketekunan, kesalehan, kasih akan saudara seiman, dan kasih kepada semua orang. Perhatikan bahwa iman disebutkan paling awal karena iman adalah dasar dari ketujuh karakter yang lain. Iman adalah sikap hati yang percaya penuh kepada Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, sedangkan kasih yang diinginkan oleh Tuhan bukan hanya kasih kepada saudara-saudara seiman, tetapi juga mencakup mengasihi musuh, seperti yang diperintahkan oleh Tuhan Yesus (Matius 5:44). Dapat dikatakan bahwa iman Kristen yang sejati sepatutnya menghasilkan perbuatan kasih.

Apabila seorang Kristen berhasil mengembangkan karakter-karakter kristiani tersebut, ia akan dapat mengenal Yesus Kristus. Sebaliknya, orang yang tidak memiliki semua karakter itu menjadi buta rohani. Artinya, anugerah keselamatan itu menjadi sia-sia di dalam dirinya. Ketika semua karakter kristiani itu hadir dalam diri orang percaya, maka orang percaya itu akan semakin teguh dalam iman keselamatan yang ia terima, dan kepadanya dikaruniakan "hak penuh untuk memasuki Kerajaan kekal."

Tahukah Anda bahwa kita adalah anak-anak Allah? Gunakanlah kuasa ilahi yang Tuhan berikan untuk memperteguh panggilan keselamatan Anda, serta mengejar semua karakter rohani yang diajarkan oleh Rasul Petrus dalam bacaan Alkitab hari ini.

Pokok Doa
1. Badan Narkotika Nasional RI.
2. Lembaga Rehabilitasi Pecandu Narkoba.
3. Majelis dan Staf Bidang PI Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design