Yohanes 16:1-15

Roh Kudus Mendampingi Pemberita Injil

7 April 2022
GI Purnama

Risiko permusuhan terhadap para murid Kristus itu baru akan terasa sesudah Tuhan Yesus tidak bersama-sama lagi dengan para murid-Nya. Waktu Tuhan Yesus masih hadir secara fisik, Dialah yang menghadapi semua ancaman sehingga murid-murid-Nya aman. Setelah Tuhan Yesus tidak bersama-sama dengan mereka, barulah para murid harus berhadapan langsung dengan para pembenci yang menolak berita Injil. Itulah sebabnya, menjelang Dia menyerahkan diri untuk ditangkap, Ia memberikan pesan-pesan untuk mempersiapkan para murid-Nya menghadapi masalah yang akan menghadang mereka. Setelah Tuhan Yesus mati dan dibangkitkan, Dia berulang-ulang menampakkan diri-Nya kepada para murid-Nya selama empat puluh hari, lalu Dia naik ke sorga meninggalkan mereka. Setelah Tuhan Yesus naik ke sorga, para murid harus menghadapi berbagai persoalan tanpa pendampingan Tuhan Yesus secara fisik. Sekalipun demikian, Tuhan Yesus menegaskan bahwa keadaan seperti ini lebih baik bagi para murid-Nya, karena Roh Kudus yang juga disebut Penghibur itu tidak akan datang sebelum Tuhan Yesus pergi meninggalkan murid-murid-Nya (16:7).

Kedatangan Roh Kudus ini penting karena dua alasan: Pertama, sesudah Tuhan Yesus naik ke sorga dan Roh Kudus turun pada hari Pentakosta, para murid harus mulai menjalankan misi untuk pergi ke seluruh dunia guna menjadikan semua bangsa sebagai murid Kristus. Kehadiran Tuhan Yesus dibatasi ruang dan waktu--artinya Ia hanya bisa berada di satu tempat pada waktu tertentu, sehingga Dia tidak mungkin mendampingi semua murid yang pergi berpencar memberitakan Injil ke seluruh dunia. Oleh karena itu, kehadiran Roh Kudus yang bisa berada di mana saja pada waktu yang sama akan memungkinkan dilakukannya pendampingan kepada setiap orang yang pergi memberitakan Injil. Kedua, peran Roh Kudus yang menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran, dan penghakiman (16:8) amat penting bagi pemberitaan Injil. Apakah Roh Kudus pernah membangkitkan kesadaran dalam diri Anda bahwa Anda adalah orang berdosa yang memerlukan pengampunan dosa? Apakah Roh Kudus pernah menyadarkan Anda akan suatu kebenaran penting, yaitu bahwa hanya Kristus melalui pengorbanan di kayu salib yang bisa menganugerahkan pengampunan dosa? Apakah Roh Kudus pernah menyadarkan Anda tentang masa penghakiman, saat Anda harus mempertanggungjawabkan kehidupan Anda?

Pokok Doa
1. Kesehatan Mental Remaja Indonesia.
2. Yayasan Gema Kasih Yobel.
3. Badan Pekerja Majelis Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design