Harus Lebih Taat Kepada Allah

12 Agustus 2015
Bacaan Alkitab hari ini:
Daniel 3

Raja Nebukadnezar membangun patung emas yang tingginya 60 hasta (27 m) dan lebarnya 6 hasta (2,7 m) di dataran Dura di wilayah Babel (3:1). Semua orang harus sujud menyembah patung itu. Yang melawan titah raja akan dilemparkan ke dalam perapian yang menyala-nyala (3:5-6). Masalah muncul ketika Sadrakh, Mesakh dan Abednego menolak untuk menyembah patung itu. Penolakan itu membuat raja sangat marah. Kegusarannya menjadi-jadi ketika mereka menolak kesempatan kedua yang ia berikan (3:13-18). Ia memerintahkan agar perapian itu dipanaskan 7 kali lebih panas (3:19).
Sadrakh, Mesakh dan Abednego menolak perintah raja karena perintah itu bertentangan dengan perintah Tuhan. Iman mereka kepada Tuhan tercermin dari ketaatan yang total kepada-Nya. Mereka lebih taat kepada Allah daripada kepada manusia. Sekalipun harus masuk ke perapian yang menyala-nyala, mereka tidak takut sebab mereka yakin bahwa Allah di pihak mereka. Ketaatan mereka menghasilkan buah. Atas kehendak Tuhan, mereka tidak terluka sedikit pun oleh api yang sangat panas itu (3:27). Mereka dilepaskan dan raja mengakui kuasa Allah (3:28-29). Mereka pun dikaruniai kedudukan yang tinggi oleh raja (3:30).
Ketaatan mutlak kepada Tuhan sering harus dibayar mahal. Sadrakh, Mesakh dan Abednego membayar ketaatan mereka dengan harga yang sangat mahal. Ketika Anda menghadapi situasi yang memaksa Anda menunjukkan ketaatan kepada-Nya misalnya bila Anda dipaksa untuk menyangkal iman kepada Kristus atau dipaksa untuk menyembah allah lain, jangan menghitung untung rugi. Merupakan konsekuensi logis bahwa ketaatan kepada Tuhan harus dibayar dengan harga yang sangat mahal agar kita bisa menjadi murid Kristus yang sejati. [Souw]

Daniel 3:18
"Tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu."
Pokok Doa
1. Ikatan Dokter Anak Indonesia (ADAI).
2. Pemanfaatan Sumber Daya Alam.
3. Ketua Umum dan Sekretaris Umum Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design