Ketika Menghadapi Situasi Tak Terpahami

18 Agustus 2015
Bacaan Alkitab hari ini:
Daniel 8

Daniel dikenal sebagai orang yang memiliki hikmat ilahi, melebihi orang-orang berhikmat bangsa Babel yang mengabdi pada raja mereka. Dia dapat menjelaskan arti mimpi raja Nebukadnezar dan arti tulisan di dinding pada zaman Belsyazar. Namun, ketika mendapatkan penglihatan yang dialaminya sendiri, dia merasa resah dan gelisah.

Ketika malaikat Gabriel meminta Daniel untuk memahami apa yang dia lihat, dia jatuh pingsan tertelungkup ke tanah sampai malaikat itu membangkitkannya kembali (8:15-18). Sementara melihat penglihatan tentang apa yang akan terjadi pada akhir zaman, dia menjadi lelah dan jatuh sakit beberapa hari lamanya, sampai dia tercengang-cengang tentang penglihatan itu karena tidak memahaminya (8:27). Penglihatan dasyat apakah yang membuat Daniel jatuh bangun seperti itu? Secara garis besar, sebenarnya gambaran yang dilihat Daniel mirip dengan mimpi Nebukadnezar (pasal 2), yaitu kerajaan bangkit melawan kerajaan, mulai dari Kerajaan Media dan Persia yang bersatu menjadi satu kerajaan yang berhasil menguasai daerah yang luas (8:3-4). Namun, Persia ditaklukkan oleh Yunani (8:5-7). Penglihatan itu terus berlanjut sampai Daniel menjadi galau. Sekalipun demikian, dia tidak melalaikan tugas dan tanggung jawabnya untuk melakukan urusan raja (8:27).

Apa yang Anda lakukan saat Anda mengalami situasi tak terpahami dalam hidup Anda? Mungkin ada 1001 pertanyaan "mengapa" dalam benak Anda yang tidak Anda temukan jawabannya. Berhentilah sejenak dari pikiran yang kusut. Tariklah nafas panjang sebagai relaksasi dan mulailah berdoa. Akuilah bahwa Anda sedang galau menghadapi peristiwa itu dan berserahlah kepada Dia. Jangan larut di dalam kesedihan dan dukacita, penuhilah tugas dan tanggung jawab Anda! Roh Kudus akan memberi kekuatan untuk melanjutkan perjalanan hidup Anda. [Souw]

Daniel 8:27
"Maka aku, Daniel, lelah dan jatuh sakit beberapa hari lamanya; kemudian bangunlah aku dan melakukan pula urusan raja. Dan aku tercengang-cengang tentang penglihatan itu, tetapi tidak memahaminya."
Pokok Doa
1. Proses Pembuatan Vaksin COVID-19.
2. Gubernur daerah masing-masing.
3. Tim Digital Ministry di Lingkungan GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design