Kebangkitan Tubuh dan Hidup yang Kekal

22 Agustus 2015
Bacaan Alkitab hari ini:
Daniel 12


Setiap hari Minggu di kebaktian Umum gereja Protestan selalu diikrarkan Pengakuan Iman Rasuli. Kalimat terakhir pengakuan tersebut adalah, "Aku percaya … kebangkitan tubuh dan hidup yang kekal, amin." Pengakuan itu didasarkan keyakinan bahwa setelah kematian, tubuh kita akan dibangkitkan dan hidup kita berlanjut dalam kehidupan yang akan datang sesuai dengan Kitab Suci.

Daniel 12 menggambarkan doktrin tersebut. Keyakinan ini penting untuk menolong agar umat Allah melihat masa depan dengan pengharapan (Yesaya 26:19; Yehezkiel 37). Umat Allah akan dibangkitkan dari kematian. Orang jahat akan dihukum, tetapi mereka yang taat kepada Allah akan dibangkitkan menuju kehidupan kekal (Daniel 12:2-3). Dalam kehidupan yang penuh “kesesakan yang besar” dan perjuangan yang berat di dunia ini (12:1), merupakan penghiburan jikalau nama umat Tuhan tertulis dalam Kitab Kehidupan (Wahyu 3:5; 20:12). Mereka yang "tidur" dalam debu tanah akan dibangkitkan, sebagian untuk mendapat hidup kekal, sebagian akan mengalami kehinaan dan kengerian kekal. Firman Tuhan menyampaikan bahwa walaupun tubuh fisik para pengikut Tuhan Yesus akan mati, tetapi saat Allah membangkitkan mereka untuk memasuki kehidupan baru, tubuh mereka akan berubah menjadi "tubuh rohani"(1 Korintus 15:35-54). Seluruh diri orang percaya baik jiwa maupun tubuh akan menjadi baru dan mengalami kehidupan kekal setelah kematian.
Umat Tuhan harus bersukacita sebab Tuhan bukan hanya menjamin perubahan status diri kita dari orang berdosa menjadi orang benar di dalam Yesus Kristus selama di bumi ini, melainkan juga perubahan tubuh jasmani dan jiwa kita menjadi tubuh yang baru dalam kebangkitan tubuh dan hidup yang kekal dalam dunia yang akan datang. [Souw]

Daniel 12:2-3
"Dan banyak dari antara orang-orang yang telah tidur di dalam debu tanah, akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup yang kekal, sebagian untuk mengalami kehinaan dan kengerian yang kekal. Dan orang-orang bijaksana akan bercahaya seperti cahaya cakrawala dan yang telah menuntun banyak orang kepada kebenaran seperti bintang-bintang, tetap untuk selama-lamanya."
Pokok Doa
1. Ikatan Dokter Anak Indonesia (ADAI).
2. Pemanfaatan Sumber Daya Alam.
3. Ketua Umum dan Sekretaris Umum Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design