Bukti Hidup dalam Kristus

26 Agustus 2015
Bacaan Alkitab hari ini:
1 Yohanes 2

Kita seharusnya hidup berpadanan dengan identitas kita. Oleh sebab itu, tidaklah mungkin orang mengklaim mengenal Allah dan mengaku hidup dalam Kristus namun hidup dalam ketidakbenaran. Orang yang mengaku hidup di dalam Kristus wajib hidup sama seperti Kristus hidup (2:6). Apakah ciri-ciri orang yang hidup seperti Kristus?

Pertama, menuruti perintah Kristus (2:3-4). Yesus Kristus selalu menekankan hubungan antara mengasihi Tuhan dengan menaati firman-Nya. Yesus Kristus sendiri mengasihi Bapa dan hidup dalam ketaatan kepada Bapa (Yohanes 14:31). Dia juga menuntut murid-murid-Nya menuruti segala perintah-Nya sebagai bukti mereka mengasihi Dia (Yohanes 14:15, 21).

Kedua, mengasihi saudaranya (1 Yohanes 2:9-11). Sebaliknya, orang yang membenci saudaranya jelas adalah orang yang hidup dalam kegelapan dan mata hatinya buta. Yesus Kristus sendiri telah menyatakan kasih-Nya yang tak terbatas, bahkan kepada orang-orang yang memusuhi-Nya. Kita mengasihi sesama karena pengenalan kepada Allah dan persekutuan dengan-Nya yang adalah terang membuat kita tidak mungkin melakukan yang sebaliknya.

Ketiga, hatinya tidak berorientasi pada dunia serta segala nilai dan kebanggaannya (2:15-16). Sebaliknya, hatinya tertuju kepada kehendak Allah (2:17).

Keempat, hidup dalam terang. Kita hidup pada zaman akhir. Meskipun kini belum nyata adanya satu figur antikristus tertentu, kita hidup dalam dunia yang nilai dan semangatnya bermusuhan dengan Kristus (2:18-23). Mohonlah Tuhan menjaga hati kita agar tetap dalam pengajaran-Nya (2:26-27), sehingga kita tidak mudah disesatkan oleh dunia yang berusaha menarik kita untuk hidup dalam kegelapan. [JD]

1 Yohanes 2:6
"Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia,
ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup."
Pokok Doa
1. Ikatan Dokter Anak Indonesia (ADAI).
2. Pemanfaatan Sumber Daya Alam.
3. Ketua Umum dan Sekretaris Umum Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design