Iman yang Mengalahkan Dunia

29 Agustus 2015
Bacaan Alkitab hari ini:
1 Yohanes 5

Sekali lagi, Yohanes menekankan ciri setiap orang yang lahir dari Allah, yaitu mengasihi Allah dan sesama yang lahir dari Allah (5:1). Kasih teruji dan terlihat di dalam perbuatan, yaitu melakukan perintah-perintah Tuhan (5:2-3). Namun penekanan dalam pasal ini bukan hanya pada ciri orang yang dilahirkan Allah, melainkan juga hak istimewa atau kelebihannya, yaitu memiliki iman yang mengalahkan dunia (5:4-5).
Orang yang dilahirbarukan melalui Yesus Kristus tidak lagi ditarik dan dikuasai oleh hawa nafsu dan tipu daya dunia (2:15-17). Menjadi milik Yesus membuat kita melihat keindahan Kristus sehingga kita bisa seperti Rasul Paulus yang memandang segala kebanggaan dunia sebagai sampah (Filipi 3:8). John Piper mengatakan, "Iman melihat bahwa Yesus lebih baik [dari segalanya]. Itu sebabnya mengapa iman mengalahkan dunia."

Kemenangan atas dunia bukan didasarkan pada kekuatan orang percaya, melainkan ketuhanan Yesus Kristus. Itu sebabnya Yohanes memaparkan berbagai kesaksian yang membuktikan bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah (1 Yohanes 5:6-12). Pembuktian tentang Yesus itu nyata dalam baptisan dan kematian-Nya, yang diwakili dengan kata "air" dan "darah" (5:6-8). Roh Kudus (5:6-8) dan Bapa (5:9-10) juga menyaksikan bahwa Yesus adalah Anak Allah. Bahkan kepastian hidup kekal dari Allah juga menyaksikan tentang Yesus sebagai sumber hidup (5:11-12).

Iman yang mengalahkan dunia juga dinyatakan dengan keberanian menegur saudara yang melakukan dosa yang tidak mendatangkan maut (5:16-17). Dosa yang membawa maut adalah menolak Injil Kristus. Jika saudara kita melakukan dosa yang tidak membawa maut, kita wajib mengingatkan dia untuk kembali kepada Allah. [JD]

1 Yohanes 5:4
"Sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita."
Pokok Doa
1. Ikatan Dokter Anak Indonesia (ADAI).
2. Pemanfaatan Sumber Daya Alam.
3. Ketua Umum dan Sekretaris Umum Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design