Yosua 7

Ketidaktaatan Membuahkan Hukuman

7 September 2016
Bacaan Alkitab hari ini : Yosua 7

Bangsa Israel berhasil menaklukkan kota Yerikho yang kuat, karena mereka percaya dan taat kepada firman Tuhan (pasal 6). Akan tetapi, mereka kalah saat melawan kota Ai yang jumlah rakyatnya lebih sedikit dibandingkan penduduk Yerikho (pasal 7). Tindakan Yosua dan para tua-tua yang sujud di hadapan Tuhan menunjukkan bahwa mereka mengalami kekalahan yang sangat besar. Apa yang sebenarnya terjadi?

Pertama, ketidaktaatan terhadap perintah Tuhan. Kekalahan mereka melawan Ai bukan karena jumlah (sebab sebelumnya mereka sudah mengintai) atau karena kalah strategi, melainkan karena Tuhan tidak di pihak mereka. Tuhan "membiarkan" mereka. Mengapa? Karena ada ketidaktaatan. Ketika mereka menyerang Yerikho, seluruh kota dan isinya dikhususkan bagi Tuhan. Jadi, sedikit pun tidak boleh ada yang diambil untuk pribadi orang Israel. Namun, Akhan mengambil barang yang dikhususkan bagi Tuhan. Ketidaktaatan itu berakibat fatal bagi bangsa Israel: Allah tidak lagi menyertai mereka!

Kedua, ketidaktaatan mendatangkan hukuman. Ketidaktaatan Akhan bukan hanya mendatangkan kekalahan dalam melawan penduduk Ai, tetapi juga mendatangkan hukuman atas diri Akhan dan kaum keluarganya. Akhan tidak berpikir panjang sebelum bertindak. Ia lebih mendahulukan keinginan hati ketimbang menaati perintah Tuhan. Alhasil, Akhan beserta seluruh keluarganya dihukum.

Bagaimana dengan Anda? Memang, hukuman tidak langsung diterima saat anda tidak taat. Namun, hal itu bukan berarti bahwa Allah diam. Allah akan menuntut pertanggungjawaban dari Anda. Oleh karena itu, bertobatlah dan segeralah kembali kepada Tuhan! [SL]






"Yosua pun mengoyakkan jubahnya dan sujudlah ia dengan
mukanya sampai ke tanah di depan tabut TUHAN hingga petang,
bersama dengan para tua-tua orang Israel,
sambil menaburkan debu di atas kepalanya."
Yosua 7:6

Pokok Doa
1. Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Mahkamah Konstitusi.
3. Panitia Persidangan Tahunan Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design