Yosua 10

Jika Tuhan di pihak kita, siapa lawan kita?

10 September 2016
Bacaan Alkitab hari ini : Yosua 10

Pertempuran yang Yosua lakukan di dekat Gibeon sungguhsungguh merupakan pertempuran yang luar biasa. Betapa tidak, mereka berperang melawan 5 raja dan pasukannya sekaligus. berdasarkan perhitungan manusia, tidak mungkin Yosua memenangkan pertempuran. Namun, pasal 10 memperlihatkan bagaimana Yosua memenangkan pertempuran, bahkan menumpas lima raja serta merebut kota-kota mereka. Semua ini terjadi karena Tuhan di pihak Yosua.

Allah menyertai Yosua dan menyerahkan mereka ke dalam tangan Yosua. Allah mengabulkan permintaan Yosua agar matahari tidak bergerak, sehingga pertempuran hari itu menjadi lebih panjang dari biasanya (10:12-14). Bukan hanya itu saja, Allah pun menurunkan hujan batu kepada para tentara yang lolos dari pertempuran. Bahkan, jumlah orang yang tewas oleh hujan batu lebih banyak daripada jumlah orang yang ditumpas oleh tentara Yosua (10:10-11).

Semua tanda mujizat terjadi karena Allah ada di pihak Yosua dan orang Israel. Oleh karena itu, kemenangan dalam peperangan bukanlah karena mereka kuat, gagah perkasa, berpengalaman, memiliki strategi yang baik dan berjumlah banyak, melainkan karena Tuhan yang berperang bagi mereka (10:42).

Benarlah yang Paulus katakan, "Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?" (Roma 8:31). Bukan hanya Dia di pihak kita, tetapi Dia juga mau mati untuk kita orang berdosa serta memberi hidup yang kekal. Penyertaan-Nya sungguh sempurna bagi setiap orang percaya. Oleh sebab itu, jangan gentar dalam menghadapi setiap persoalan hidup, sebab Allah beserta dengan kita. [SL]






"Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?
Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus?
Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan
atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang?"
Roma 8:31b, 35

Pokok Doa
1. Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Mahkamah Konstitusi.
3. Panitia Persidangan Tahunan Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design