1 Samuel 17:31-58

Di Dalam Nama Tuhan

2 Agustus 2020
GI Wirawaty Yaputri
Saat menghadapi Goliat, Daud tidak mengandalkan kemampuan diri sendiri. Ia tahu bahwa ia tidak mungkin mengalahkan Goliat dengan kemampuannya sendiri. Singa dan beruang dapat ia kalahkan, tetapi Goliat yang memiliki senjata dan pakaian lengkap bukan lawan yang mudah. Ketika Daud mendatangi Goliat untuk menantangnya, Goliat dikatakan menujukan pandangannya ke arah Daud (17:42). Kata menujukan pandangan (looked about) dapat diterjemahkan menjadi melihat sekeliling untuk menemukan seseorang atau sesuatu. Karena Daud terlalu kecil bila dibandingkan dengan Goliat, Goliat sampai tidak dapat langsung melihat Daud. Begitu ia menemukan Daud, ia menghina Daud karena Daud masih muda, dan parasnya tidak cocok untuk menjadi seorang prajurit. Ia menganggap tantangan Daud sebagai penghinaan bagi dirinya yang merupakan seorang yang gagah perkasa (17:43), apa lagi Daud hanya membawa sebuah tongkat, umban-yaitu tali untuk melontarkan batu-dan lima batu licin di kantong gembala yang dia bawa.

Namun, Daud mengatakan bahwa ia tidak mendatangi Goliat dengan tangan kosong atau dengan membawa diri semata, melainkan ia mendatangi Goliat dengan nama TUHAN Semesta Alam. Daud menantang Goliat dengan bergantung kepada nama TUHAN. Daud menggunakan nama TUHAN Semesta Alam untuk menunjukkan bahwa Allah Israel adalah Allah yang mengatasi segala allah yang disembah oleh manusia. Ia adalah Pencipta, dan Ia adalah Allah yang hidup. Ia berkuasa dan berdaulat karena Ia yang menciptakan segala sesuatu. Di dalam Nama-Nya terdapat kuasa karena Nama-Nya mewakili pribadi-Nya sendiri. Orang yang berlindung kepada Nama TUHAN akan selamat (Amsal 18:10). Di dalam nama Yesus Kristus-Sang Allah Anak-ada keselamatan, kesembuhan, bahkan kelepasan dari kuasa iblis (Kisah Para Rasul 3:6; 4:12; Lukas 10:17).

Di dalam nama Tuhan Yesus ada kuasa, sehingga kita berdoa demi nama Tuhan Yesus. Kita percaya bahwa nama Tuhan Yesus adalah nama di atas segala nama. Melalui nama itu, Allah menyelamatkan kita (Kisah Para Rasul 4:12). Akan tetapi, "Apakah Anda sungguh-sungguh percaya kepada nama itu? Apakah kehidupan Anda bergantung kepada nama Tuhan Yesus?"
Pokok Doa
1. Generasi Muda Indonesia.
2. Pembina Pemuda dan Remaja GKY.
3. Yayasan Gema Kasih Yobel.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design