Rabu, 3 Desember 2014

Ketika Firman Tuhan Tersebar

3 Desember 2014
Rabu, 3 Desember 2014

Bacaan Alkitab hari ini: Kisah Para Rasul 19

Pemberitaan firman Tuhan di Efesus menghasilkan dampak yang sangat besar. Tidak semua orang yang mendengar pemberitaan itu menjadi percaya. Sebagian tetap tegar hatinya (19:9), sebagian mungkin hanya mengharapkan mukjizat (19:12), dan sebagian lagi ingin meniru kuasa Allah yang dinyatakan melalui Paulus (19:13). Akan tetapi, dampak pemberitaan firman Tuhan tetaplah sangat besar.

Selama Rasul Paulus berada di Efesus, ada beberapa hal yang terjadi: Pertama, beberapa murid Yohanes yang belum mendengar tentang Roh Kudus, dibaptis dan menerima Roh Kudus (19:1-7). Kedua, firman Tuhan tersebar sangat luas (19:8-10). Ketiga, orang-orang yang pernah melakukan sihir mengumpulkan kitab-kitabnya, lalu membakarnya di muka umum sehingga firman Tuhan makin tersebar dan berkuasa (19:13-20). Keempat, begitu banyak orang Efesus yang menjadi percaya sehingga menimbulkan dampak pada perekonomian kota itu! (19:23-27).

Huru-hara di Efesus dimulai oleh Demetrius dan pekerja-pekerja di perusahaannya. Keluhan mereka yang utama adalah masalah agama dan ekonomi. Jikalau banyak orang yang menjadi percaya kepada firman Tuhan maka penyembahan kepada dewi Artemis pun akan lenyap dan tidak ada lagi yang akan membeli kuil-kuilan dewi Artemis. Agama mereka terancam! Mata pencaharian mereka terancam!

Kisah ini mengajak kita merenungkan apakah pelayanan kita masih berdampak besar seperti ini? Kisah ini juga mengajak kita untuk memikirkan pelayanan secara holistik: Bagaimana mata pencaharian mereka—yang selama ini menjual alat ibadah kepercayaan lain atau melakukan pekerjaan yang kotor—setelah menjadi percaya? Doakanlah pelayanan pemberitaan firman Tuhan dan pikirkanlah apa yang Tuhan mau engkau lakukan dalam pelayanan itu. [Siauw]

Yohanes 9:4

“Kita harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorang pun yang dapat bekerja.”
Pokok Doa
1. Tenaga Kesehatan.
2. Pelayanan Vaksinasi GKY.
3. Majelis dan Staf Bidang SarPras Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design