Kejadian 38

Anugerah Bagi Si Pendosa

8 Februari 2023
GI Purnama

Bacaan Alkitab hari ini merupakan bagian kelam dari sejarah Israel. Yehuda, salah seorang tokoh terkemuka dalam sejarah Israel, menikahi seorang perempuan Kanaan bernama Syua, lalu perempuan itu melahirkan tiga orang anak laki-laki, yaitu Er, Onan, dan Syela. Er dinikahkan dengan Tamar. Akan tetapi, Er dibunuh oleh TUHAN karena ia jahat di mata Tuhan. Menurut sistem Levirate yang berlaku dalam budaya saat itu, Onan harus menggantikan Er dengan menikahi Tamar supaya bisa memperoleh anak yang akan menjadi pewaris Er. Akan tetapi, Onan membuang spermanya agar tidak memberi keturunan yang dianggap sebagai anak kakaknya. Perbuatan Onan tersebut jahat di mata TUHAN, sehingga Onan juga dibunuh oleh Tuhan. Menurut tradisi Levirate, seharusnya Syela menjadi menjadi suami Tamar selanjutnya. Akan tetapi Yehuda tidak rela menikahkan Syela dengan Tamar karena dia kuatir bahwa Syela juga akan mati. Tamar menganggap Yehuda bersalah karena tidak mengikuti tradisi. Oleh karena itu, Tamar berpura-pura menjadi seorang pelacur dan menjebak Yehuda, sehingga akhirnya ia hamil oleh benih Yehuda.

Saat membaca kisah di atas, bagaimana kesan Anda? Apakah Anda beranggapan bahwa Yehuda dan Tamar adalah dua orang brengsek yang sepatutnya mendapat murka TUHAN? Ya, adalah wajar bila mereka mendapat hukuman TUHAN! Akan tetapi, mungkin kita akan terkejut bila kita sadar bahwa mereka justru mendapat anugerah TUHAN untuk masuk dalam silsilah Tuhan Yesus (lihat Matius 1:3). Ingatlah bahwa Daud, Salomo, dan raja-raja lain dalam Kerajaan Yehuda yang masuk dalam silsilah Tuhan Yesus adalah keturunan Yehuda dan Tamar. Kenyataan bahwa Yehuda dan Tamar adalah sepasang pendosa yang mendapat anugerah Allah merupakan cermin bahwa Yesus Kristus, Sang Juruselamat itu, bukan hanya Juruselamat bagi mereka yang hidupnya tampak baik, tetapi juga Juruselamat bagi mereka yang pernah jatuh dalam dosa-dosa yang menjijikkan. Tuhan Yesus datang ke dunia ini untuk menyelamatkan orang berdosa serta mengubah orang berdosa yang mau bertobat dan percaya kepada-Nya menjadi ciptaan baru yang tidak terus hidup dalam dosa, melainkan terus-menerus diperbarui menjadi ciptaan yang baru.

Apakah Anda menganggap diri Anda sebagai seorang pendosa yang patut mendapatkan murka Allah? Apakah Anda mau memercayai dan menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamat Anda? Apakah Anda sudah mengalami perubahan hidup dan menjadi manusia baru di dalam Yesus Kristus? Ingatlah bahwa Yesus Kristus datang ke dunia ini untuk mencari dan menyelamatkan pendosa seperti Anda dan saya.

Pokok Doa
1. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
2. Rohaniwan Kristen yang melayani di daerah terpencil.
3. Majelis & Staf Bidang PI Sinode.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design