Mazmur 137-138

Pujian kepada Tuhan

2 Oktober 2022
GI Roni Tan

Sebuah lagu umumnya dibuat berdasarkan latar belakang tertentu. Ada lagu yang dibuat saat pembuat lagu sedang jatuh cinta, sehingga sang pembuat lagu mencurahkan perasaannya melalui melodi. Ada lagu yang dibuat saat peperangan untuk menyemangati prajurit yang berperang. Ada lagu yang dibuat berdasarkan pengalaman hidup yang tragis seperti kehilangan, kematian, dan kebangkrutan. Pembuatan lagu berdasarkan suatu latar belakang juga terjadi pada lagu--lagu rohani Kristen baik lagu himne maupun kontemporer. Akan tetapi, lagu rohani Kristen yang baik selalu dilandasi oleh relasi dengan Tuhan yang bisa memberi pertolongan dalam kondisi apa pun.

Mazmur 137 dilatarbelakangi oleh kerinduan yang berselimutkan kesedihan yang mendalam (duduk sambil menangis, 137:1), kerinduan yang mendalam terhadap kota Yerusalem (137:5-6), harapan pembalasan dari TUHAN terhadap bani Edom yang mengutuki saat Yerusalem jatuh (137:7) dan terhadap Babel yang menghancurkan kota Yerusalem (137:8-9). Mazmur 138 merupakan ucapan syukur pemazmur kepada TUHAN karena kasih dan kesetiaan TUHAN (138:2), karena TUHAN menjawab seruan pemazmur dengan memberi kekuatan (138:3). Semua raja di bumi akan bersyukur karena janji TUHAN (138:4). TUHAN menyelamatkan saat pemazmur berada dalam kesesakan (138:7).

Kita bisa melihat bahwa Mazmur 137 dan 138 mempunyai latar belakang yang berbeda. Perasaan yang dicurahkan juga berbeda. Akan tetapi, keduanya memiliki kesamaan, yaitu sama–sama memercayai TUHAN dan berharap kepada TUHAN. Jadi, fokus pada pujian kepada TUHAN membuat penderitaan maupun sukacita tidak menjadi penghalang untuk tetap memercayai TUHAN. Kapan dan kondisi apa yang membuat Anda bisa memuji Tuhan? Lagu pujian dengan jenis seperti apa yang biasanya Anda pilih saat Anda memuji Tuhan secara pribadi? Anda bisa memilih lagu yang mengisahkan tentang Tuhan yang memberkati dan melepaskan Anda. Anda juga bisa memilih lagu yang mengisahkan tentang keagungan Tuhan melalui alam semesta. Anda juga bisa memilih lagu yang mengisahkan tentang mujizat Tuhan. Apa pun lagu kesukaan Anda, janganlah memilih lagu sekadar untuk memuaskan batin kita! Apakah Anda sudah membiasakan diri untuk memilih lagu yang berfokus pada pengagungan Tuhan atau lagu yang memuliakan Tuhan?

Pokok Doa
1. Tentara Nasional Indonesia.
2. Guru-guru Kristen di Sekolah Negeri.
3. Komisi Kaleb di GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design