1 Raja-Raja 10

Menjadi Terang Bagi Dunia

20 Juli 2021
Pdt. Sumito Sung

Bacaan Alkitab hari ini memperlihatkan bahwa pemerintahan Raja Salomo begitu mulia sehingga para pemimpin dunia datang untuk menemuinya. Tampaknya, sebagian kekayaan Raja Salomo merupakan hadiah dari para pengagumnya (10:24-25). Kabar tentang Raja Salomo membuat Ratu Syeba datang untuk menguji dengan memberikan teka-teki. Saat melihat hikmat Raja Salomo dan semua aktivitasnya (10:3-5), Ratu Syeba tercengang. Ia memuji hikmat Raja Salomo dengan mengatakan bahwa orang-orang di dalam istana Raja Salomo berbahagia sebab mereka bisa melayani raja yang besar dan kaya serta menyaksikan hikmatnya (10:8). Selain itu, Ratu Syeba juga memuji Tuhan karena Ia telah berkenan kepada Raja Salomo sedemikian, hingga Ia mendudukkan Raja Salomo di atas takhta kerajaan Israel (10:9). Pernyataan ini sangat berarti bagi Raja Salomo sebab Raja Salomo bukanlah anak sulung Raja Daud. Raja Salomo memiliki beberapa kakak laki-laki. Oleh karena itu, dipilihnya dirinya sebagai raja merupakan campur tangan Tuhan yang menghendaki agar dia yang menjadi raja, bukan kakak-kakaknya.

Perkataan Ratu Syeba, "Terpujilah TUHAN, Allahmu, ..." (10:9) adalah contoh tentang apa yang Allah ingin lakukan untuk bangsa Israel. Ia telah berjanji kepada umat Israel bahwa jika mereka taat kepada-Nya, Ia akan memberkati mereka secara sangat luar biasa, sehingga semua bangsa di dunia memuliakan Tuhan dan takut--dalam arti "hormat"--terhadap mereka (Ulangan 28:1,10). Sebaliknya, jika mereka tidak taat, Ia akan menghukum mereka (Ulangan 28:15-26). Kisah Ratu Syeba--yang mencari Raja Salomo setelah mendengar hikmatnya, lalu memuji Tuhan setelah menyaksikan kenyataan yang melampaui apa yang ia dengar--merupakan contoh sikap yang sepantasnya bagi orang yang mendengar pengajaran Tuhan Yesus, karena Tuhan Yesus jauh melampaui Raja Salomo, bukan hanya dalam hal hikmat, tetapi dalam segala hal (Matius 12:42). Sebagian besar orang Yahudi tidak percaya kepada-Nya meskipun telah melihat tanda kemesiasan-Nya. Apakah Anda sudah memberi respons yang sepantasnya terhadap anugerah Allah yang dianugerahkan kepada Anda di dalam Kristus? Apakah keselamatan yang Anda terima telah mengubah hidup Anda?

Pokok Doa
1. Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Persiapan Persidangan Sinode GKY.
3. Yayasan Hidup Baru.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design