Yeremia 14:1-15:4

Jangan Terperdaya

13 September 2021
GI Jokhana

Dalam catatan sejarah bangsa Israel, kita sering menemukan adanya satu elemen bangsa yang sering menjadi sasaran amukan Tuhan, yaitu golongan nabi palsu. Berita yang mereka sampaikan membawa kelegaan dan sukacita, namun berita itu menjerumuskan umat Tuhan untuk menjauhi Tuhan. Mereka bernubuat atas nama Tuhan, padahal berita yang mereka sampaikan bukan berasal dari Tuhan. Itulah sebabnya, mereka disebut sebagai nabi palsu.

Saat itu, bangsa Israel sedang mengalami masa kekeringan parah yang membuat mereka sangat menderita (14:2-6). Kekeringan itu diakibatkan oleh dosa yang mereka lakukan. Tuhan telah sering memberi peringatan kepada orang Yehuda, tetapi mereka tidak mendengarkan. Sebaliknya, mereka lebih suka mendengarkan perkataan para nabi palsu. Mereka memercayai nubuat para nabi palsu yang mengatakan bahwa Tuhan tidak akan membiarkan mereka mengalami perang dan kesusahan, tetapi Tuhan senantiasa menjamin damai sejahtera (14:13-16). Itulah sebabnya, bangsa Israel tetap enteng berbuat dosa dan dengan tanpa rasa malu berteriak minta pertolongan Tuhan yang sudah mereka selingkuhi!

Masalah bangsa Israel terutama disebabkan oleh kebodohan, yaitu mereka mendengarkan perkataan para nabi palsu. Saat ini pun, hal yang sama dapat terjadi. 2 Petrus 2:1 mengatakan, "Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka."

Sepanjang masa, nabi palsu selalu ada dan terus berusaha untuk menyesatkan umat Allah. Jangan biarkan diri Anda diperdaya oleh rupa-rupa angin pengajaran yang menawarkan kenikmatan tanpa salib! Cermatilah semua pengajaran yang Anda terima agar Anda tidak salah jalan! Apakah Anda sudah membiasakan diri untuk mengikuti kelas pendalaman Alkitab yang memperlengkapi Anda dengan firman Allah dan memagari diri Anda dari berbagai pengajaran yang menyesatkan? Marilah kita belajar mengenal Allah secara serius agar kita tidak teperdaya oleh tipu daya Iblis!

Pokok Doa
1. Kementerian Pertanian.
2. Pusat Pelatihan Misi Terpadu (PPMT).
3. Majelis & Staf Bidang PI Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design