Amsal 19

Aturan, Sebagai Pagar dari Tuhan!

26 November 2021
GI Fernandes Lim

Ada banyak aturan dalam kekristenan, misalnya aturan kekudusan pernikahan?yaitu kewajiban untuk setia pada pasangan dan tidak boleh bercerai, aturan beribadah secara pribadi dan bersama-sama, aturan menghormati orang tua dan atasan, aturan hidup jujur dan penuh kasih kepada sesama, dan masih banyak lagi. Mengapa aturan-aturan itu harus ditaati? Bagaimana memaknai aturan secara tepat agar kita tidak hanya sekadar menjalankan kewajiban agama, tetapi kita mengikuti aturan sebagai wujud ketaatan terhadap kehendak Tuhan?

Kitab Amsal mengajar kita, "Siapa berpegang pada perintah, memelihara nyawanya, tetapi siapa menghina firman, akan mati." (19:16). Kata perintah juga bisa berarti hukum. Dalam kitab Amsal, hukum adalah ajaran atau nasihat tentang karakteristik kehidupan yang takut akan Tuhan. Kitab Amsal mengingatkan bahwa orang yang memelihara/berpegang pada hukum adalah orang yang paling beruntung. Orang yang memelihara hukum itu seperti orang yang menaati rambu-rambu lalu lintas. Menaati rambu lalu lintas sebenarnya merupakan tindakan menjaga keselamatan diri sendiri.

Tuhan Yesus mendorong para murid-Nya untuk menaati perintah-Nya. Apa tujuan Tuhan Yesus? Tuhan Yesus bersabda, "Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu. Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya." (Yohanes 15:9-10). Sangat jelas bahwa Tuhan Yesus meminta murid-murid-Nya untuk taat agar mereka mengalami keuntungan lebih dahulu yaitu tinggal dalam kasih Tuhan. Menaati seluruh perkataan/firman Tuhan adalah cara Tuhan untuk membuat anak-anak Tuhan bisa tinggal dalam kasih Tuhan. Ketika mereka tinggal dalam kasih Tuhan, mereka dapat merasakan sukacita penuh dari Tuhan (Yohanes 15:11).

Sama seperti orang tua membuat banyak peraturan sebagai pagar bagi anak-anaknya agar mereka memiliki kehidupan yang baik dan berbahagia, demikian pula perintah Tuhan adalah pagar bagi hidup kita supaya kita tetap hidup dalam kasih-Nya. Apa perintah Tuhan yang selama ini sulit untuk Anda taati? Apakah Anda sudah memaknai perintah tersebut sebagai pagar dari Tuhan?

Pokok Doa
1. Pegawai Negeri Sipil.
2. Pengentasan Kemiskinan.
3. Majelis Bidang Sosial Sinode GK.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design