Matius 28:16-20

Sang Pendamping

26 Desember 2021
GI Purnama

Pada masa pandemi ini, salah satu keadaan tersulit yang kita hadapi adalah kesendirian, apa lagi bila kita kehilangan pekerjaan pada masa pandemi ini. Dalam bacaan Alkitab hari ini, Tuhan Yesus memberi pesan-pesan terakhir sebelum Ia naik ke sorga meninggalkan murid-murid-Nya. Saat Tuhan Yesus masih bersama-sama secara fisik dengan para murid-Nya, para murid bisa bertanya atau meminta bantuan setiap saat kepada Yesus Kristus, Sang Guru Agung. Kenaikan Tuhan Yesus ke sorga mengubah keadaan secara drastis. Oleh karena itu, sebelum naik ke sorga, Tuhan Yesus menyiapkan hati para murid. Tuhan Yesus bukan hanya mengatakan bahwa Dia memiliki segala kuasa di sorga dan di bumi (28:18, lihat renungan 24 Desember), tetapi Ia senantiasa menyertai para murid sampai pada akhir zaman. Tentu saja penyertaan ini tidak dilakukan secara fisik, melainkan penyertaan melalui Roh Kudus yang diutus oleh Allah Bapa untuk berdiam di hati setiap orang percaya dan untuk mengingatkan akan semua yang telah disampaikan oleh Tuhan Yesus kepada para murid (Yohanes 14:26).

Pendampingan oleh Roh Kudus yang menggantikan peran Tuhan Yesus secara fisik ini penting karena para murid--dan juga semua orang percaya pada masa kini--memiliki tugas untuk pergi menjadikan semua bangsa sebagai murid Kristus. Pendampingan oleh Roh Kudus membuat para murid--dan orang-orang percaya masa kini--memiliki kuasa untuk melakukan berbagai pekerjaan besar secara tak terbatas. Pada permulaan masa pandemi, gereja seakan-akan menjadi lumpuh. Akan tetapi, pendampingan Roh Kudus memampukan gereja untuk terus melayani secara daring. Pelayanan yang sebelumnya terbatas oleh gedung gereja telah bertransformasi menjadi pelayanan yang menembus semua sekat pembatas gedung gereja.

Perayaan Natal di tengah pandemi seharusnya mengingatkan kita bahwa Yesus Kristus adalah Imanuel--artinya Allah menyertai kita--dan kita tidak dibiarkan sendirian. Masalah tetap ada--dan akan terus ada--tetapi Roh Kudus akan mendampingi kita menghadapi setiap masalah. Apakah Anda meyakini bahwa Allah menyertai Anda? Apakah Anda pernah meminta Kristus masuk ke dalam hati Anda? Bila belum, bukalah hati Anda dan mohonlah Yesus Kristus untuk masuk ke dalam hati Anda dan menyucikan diri Anda dari segala dosa. Imanuel!

Pokok Doa
1. Organisasi Buruh di Indonesia.
2. Yayasan IPEKA.
3. Staf Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design