2 Petrus 3

Waspadai Pengejek di Zaman Akhir

29 Desember 2021
GI Okky Chandra

Di pasal terakhir kitab 2 Petrus, sang rasul memperingatkan pembacanya akan bahaya pengajaran guru-guru palsu tentang akhir zaman. Rasul Petrus menasihatkan pentingnya mengingat segala perkataan para nabi maupun para rasul. Dilihat dari konteksnya, perkataan yang dimaksud adalah tentang datangnya hari Tuhan.

Rasul Petrus menegaskan bahwa pada hari-hari di zaman akhir akan tampil para pengejek. Yang dimaksud dengan "hari-hari di zaman akhir" adalah masa sejak Yesus Kristus terangkat ke sorga sampai Dia datang kembali ke dunia. Periode ini mencakup zaman Rasul Petrus menulis surat ini dan masa kita saat ini. Para pengejek di sini sangat mungkin mengacu kepada para guru palsu yang dibahas di pasal sebelumnya. Tampaknya, orang-orang ini mengerti tentang wahyu Allah dan penghakiman akhir. Kemungkinan, mereka mengenal Alkitab, tetapi mereka tidak memercayai firman Tuhan. Mereka mengejek iman Kristen dengan menolak wahyu Tuhan dan hidup dalam hawa nafsu. Mereka sengaja menentang kehendak dan perintah Allah.

Mereka tidak percaya akan hari penghakiman terakhir. Mereka mengejek janji kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali. Mereka melupakan atau mengabaikan kebenaran firman Tuhan tentang tindakan penghukuman yang dilakukan Allah melalui air bah atas umat manusia di masa lampau.

Selanjutnya, Rasul Petrus mengingatkan jemaat bahwa waktu Tuhan berbeda dengan waktu manusia. Apa yang manusia anggap sebagai kelalaian--karena Tuhan Yesus tidak kunjung datang kembali--sebetulnya memperlihatkan kesabaran Tuhan terhadap orang berdosa. Tuhan selalu menepati janji-Nya! Ia pasti datang, tetapi Tuhan ingin memberi kesempatan kepada manusia berdosa untuk bertobat dan kembali kepada-Nya.

Bagi kita yang beriman kepada Kristus, hendaklah kita terus memelihara kerinduan kita akan Dia dengan segenap hati sambil menanti-nantikan kedatangan-Nya. Dalam penantian ini Rasul Petrus mendorong kita untuk hidup dalam kesucian dan kesalehan. Bagi setiap orang yang belum sungguh-sungguh percaya kepada Kristus, hendaklah kebenaran ini menjadi dorongan untuk segera bertobat, sebelum hari Tuhan tiba dan sudah terlambat untuk bertobat!

Pokok Doa
1. Organisasi Buruh di Indonesia.
2. Yayasan IPEKA.
3. Staf Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design