1 Tawarikh 3

Keterkaitan dan Keterikatan

4 Januari 2022
GI Tommy Chendana

Sebelum membangun rumah atau gedung, harus dibuat dulu sebuah blueprint (cetak biru). blueprint tersebut biasanya tercetak dalam kertas berwarna biru yang menggambarkan kerangka bangunan secara terperinci dan detail. blueprint ini sangat membantu para kontraktor dalam mendirikan bangunan. Selain itu, blueprint ini memperlihatkan keterkaitan dan keterikatan yang merupakan dasar dalam membuat kebijakan, baik jangka panjang, menengah, atau jangka pendek, termasuk saat menetapkan tujuan, sasaran, strategi, dan hal lainnya, agar tercapai hasil maksimal sesuai dengan blueprint tersebut.

Dalam pasal 3 ini, penulis Tawarikh memberikan sebuah blueprint Allah, khususnya kepada garis keturunan Daud yang terbagi dalam empat kelompok. Kelompok pertama adalah anak-anak Daud yang lahir di Hebron (3:1-4). Kelompok kedua adalah anak-anak Daud yang lahir di Yerusalem (3:5-9; bandingkan dengan 14:3-7 dan 2 Samuel 5:14-16). Kelompok ketiga adalah anak-anak Salomo sampai sebelum masa pembuangan (3:10-16), dan Kelompok keempat adalah anak-anak Yekhonya yang ditawan dan dibuang ke Babel sampai keturunannya yang kembali ke Tanah Yehuda (3:17-24; Ester 2:6; bandingkan dengan Matius 1:11-12). Keterkaitan dan keterikatan perjanjian Allah dengan Daud terlihat misalnya dalam Mazmur 89:4-5, "Telah Kuikat perjanjian dengan orang pilihan-Ku, Aku telah bersumpah kepada Daud, hamba-Ku: Untuk selama-lamanya Aku hendak menegakkan anak cucumu, dan membangun takhtamu turun-temurun." (bandingkan dengan 2 Samuel 7:12-16). Sekalipun kerajaan Daud terpecah pada masa kepemimpinan Salomo, keturunan Daud tetap ada sampai pasca pembuangan ke Babel. Allah pasti menggenapi blueprint yang sudah Dia rancang sejak dari mulanya. Penggenapan perjanjian ini dapat kita mengerti dalam kaitan dengan kelahiran Sang Raja yang dinantikan kedatangan-Nya dari keturunan Daud, yaitu Yesus Kristus. Oleh karena itu, Kerajaan Daud dapat disebut sebagai bayang-bayang dari Kerajaan Allah.

Tuhan Allah juga telah menetapkan blueprint-Nya atas hidup kita sebagai umat pilihan-Nya (Efesus 1:4; Roma 8:29-30). Dia siap menuntun, mendampingi dan membimbing kita agar kita tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri dan menjauh dari blueprint-Nya. Tuhan menghendaki agar ada keterkaitan dan keterikatan antara kita dengan-Nya. Apakah Anda telah mengikuti blueprint Allah itu?

Pokok Doa
1. Organisasi Buruh di Indonesia.
2. Yayasan IPEKA.
3. Staf Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design