1 Tawarikh 4

Episode Yang Terlupakan

5 Januari 2022
GI Tommy Chendana

Seorang sutradara film bisa saja memangkas adegan-adegan tertentu dalam film yang ia buat, agar sesuai dengan permintaan produser film, misalnya dengan mengatur plot cerita agar menjadi sederhana, memangkas durasi waktu yang terlalu panjang, atau memperpanjang narasi agar makin lama makin menuju klimaks atau puncak dramatik film tersebut. Akan tetapi, adakalanya sang sutradara ingin agar adegan yang dipangkas itu tidak dihilangkan, tetapi tetap dapat disaksikan secara terbatas tanpa mengubah isi film tersebut. Pemangkasan--yang dikenal dengan istilah director’s cut--itu bertujuan agar penonton mendapat gambaran film secara lebih utuh.

Di pasal 4 ini, penulis Tawarikh menyampaikan berita penting di tengah daftar panjang yang mungkin membosankan untuk dibaca, yaitu sebuah sisipan tentang doa Yabes, yaitu sebuah doa permohonan agar Tuhan memberkati secara berlimpah-limpah, daerahnya diperluas, tangan Tuhan menyertai serta melindungi dia dari malapetaka, dan kesakitan tidak menimpanya (4:10). Di luar dugaan, Tuhan mengabulkan doa Yabes. Kemudian, penulis Tawarikh menyisipkan daftar keturunan Simeon di tengah-tengah antara daftar keturunan Yehuda sampai keturunan Daud (pasal 2-3) dan daftar keturunan Lewi (pasal 6). Daftar keturunan Simeon ini menegaskan bahwa sekalipun keturunan Simeon tidak menonjol dan jumlahnya tidak sebanyak suku Yehuda (4:27), Allah tetap mengasihi dan memperhatikan mereka. Sampai saat Daud menjadi raja, mereka tetap menempati tanah yang diwariskan kepada nenek moyang mereka (4:28-31; bandingkan dengan Yosua 19:1-9). Sisipan ini merupakan pesan yang penting dan harus diperhatikan dengan serius oleh generasi baru yang telah kembali dari pembuangan di Babel, bahwa mereka bukanlah orang asing di negeri sendiri. Mereka tidak pernah dilupakan oleh Allah dan mereka tidak perlu takut tidak bisa menempati kembali kota-kota kepunyaan nenek moyang mereka. Sisipan kisah tentang Yabes dan Suku Simeon ini mengingatkan bahwa Tuhan terus bekerja dan bertindak dalam kehidupan kita.

Apakah Anda merasa bahwa Anda telah dilupakan oleh Tuhan? Ingatlah bahwa Allah Roh Kudus terus bekerja menerobos segala kemungkinan yang ada. Dia senantiasa memperhatikan dan memulihkan orang-orang yang seperti terlupakan.

Pokok Doa
1. Organisasi Buruh di Indonesia.
2. Yayasan IPEKA.
3. Staf Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design