Mazmur 89

Janji yang Tak Pernah Dibatalkan

6 Agustus 2022
GI Roni Tan

TUHAN telah mengikat perjanjian dengan nenek moyang bangsa Israel. Perjanjian itu membuat bangsa Israel--sebagai umat pilihan TUHAN--menjadi milik Tuhan. Oleh karena itu, TUHAN akan senantiasa melindungi bangsa Israel. Hal ini terlihat di sepanjang sejarah bangsa Israel. Ringkasan perbuatan TUHAN itu bisa kita baca dalam Mazmur 89:2-38, yaitu bahwa TUHAN secara aktif melindungi bangsa Israel. Inilah kenangan sejarah terhadap bangsa Israel yang diingat kembali oleh pemazmur.

Akan tetapi, perkataan pemazmur selanjutnya tentang TUHAN sangat mengejutkan, "Tetapi Engkau sendiri menolak dan membuang .. membatalkan perjanjian . . ." (89:39-40). Perkataan ini merupakan sudut pandang pemazmur saat melihat kesengsaraan orang Yehuda serta kota Yerusalem yang telah luluh lantak akibat perang. Kondisi ini membuat pemazmur menilai bahwa TUHAN seakan-akan telah membatalkan perjanjian-Nya. Benarkah TUHAN membatalkan perjanjian-Nya? Tidak! TUHAN tidak pernah membatalkan perjanjian-Nya. Semua hal buruk yang dialami oleh umat Yehuda merupakan hukuman TUHAN akibat dosa yang dilakukan umat-Nya. Oleh karena itu, sudah tepat bila pemazmur beserta dengan umat Tuhan berkumpul di reruntuhan bait Allah menaikkan mazmur ini untuk mengingat hukuman yang telah TUHAN timpakan. Akan tetapi, harus diingat bahwa TUHAN tidak pernah membatalkan perjanjian-Nya (89:35).

Sebagai bagian dari umat TUHAN, kita patut bersyukur karena kita adalah milik TUHAN yang setia pada perjanjian-Nya. Keselamatan yang Allah berikan bagi orang yang percaya kepada Tuhan Yesus tidak akan hilang. Keselamatan yang kita peroleh di dalam Tuhan Yesus itu membuat kita bisa memanggil Allah sebagai Bapa dan kita semua menjadi anak-anak Allah. Kita juga bersyukur karena Allah tidak pernah meninggalkan kita dan akan selalu beserta dengan kita. Semua yang telah dan akan Tuhan Yesus lakukan bagi kita merupakan sumber kekuatan dan keyakinan dalam menghadapi setiap situasi kehidupan. Saat Anda menghadapi berbagai masalah, tantangan, dan penderitaan, apakah Anda tetap percaya bahwa Anda tidak sendiri? Yakinilah bahwa Allah pasti akan selalu menyertai dan menolong Anda saat Anda menghadapi pergumulan apa pun dalam hidup Anda!

Pokok Doa
1. Kesehatan Mental Remaja Indonesia.
2. Yayasan Gema Kasih Yobel.
3. Badan Pekerja Majelis Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design