Mazmur 104

Memelihara Ciptaan TUHAN

10 September 2022
GI Roni Tan

Siapa yang telah menciptakan alam semesta? TUHAN! Sebagai anggota umat Allah, seharusnya kita percaya bahwa TUHAN adalah Pencipta dan Pemelihara alam semesta beserta seluruh isinya. Pemazmur juga memiliki keyakinan seperti itu. Dalam mazmur yang kita baca hari ini diuraikan tentang kemuliaan TUHAN dan pemeliharaan-Nya atas seluruh ciptaan. Mazmur ini diawali dengan pengagungan kepada TUHAN yang berkuasa atas alam semesta (104:1-5). TUHAN mengatur setiap ciptaan dengan begitu tepat, sesuai dengan fungsi masing-masing (104:6-9). TUHAN berperan aktif dalam memelihara keberlangsungan ciptaan --memberi minum segala binatang di padang (104:11), mengairi gunung-gunung (104:13), menumbuhkan rumput bagi hewan (104:14). Selain itu, TUHAN menghukum orang yang berdosa dan fasik (104:35).

Pemazmur memberi gambaran tentang TUHAN yang aktif memelihara ciptaan-Nya. Perhatikan bahwa pemazmur mengawali dan mengakhiri mazmurnya dengan kalimat "Pujilah TUHAN, hai jiwaku". Kalimat ini merupakan seruan untuk membangkitkan semangat bagi jiwanya sendiri untuk memuji TUHAN. Respons semacam ini merupakan respons yang tepat dari ciptaan kepada Sang Pencipta. Respons ini dimaksudkan untuk mensyukuri pemeliharaan TUHAN dalam kehidupan manusia dan setiap makhluk ciptaan. Respons ini sama dengan pernyataan dalam Wahyu 4:11, "Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan."

Sebagai manusia ciptaan Tuhan yang telah diselamatkan, kita dipanggil untuk senantiasa memuliakan Tuhan. Kita menyadari bahwa semua makhluk, tumbuhan, tanah, air, dan sebagainya senantiasa dipelihara oleh Tuhan. Oleh karena itu, sebagai manusia yang dipercaya oleh Tuhan untuk mengelola alam ciptaan-Nya, janganlah kita merusak bumi ini, agar kita dan anak cucu kita tetap bisa menikmati alam ciptaan Tuhan yang indah dan baik yang akhirnya bisa mendukung manusia menjalani hidup dengan baik. Pikirkanlah: Apa yang telah Anda lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan Anda? Dengan memelihara ciptaan Tuhan, sesungguhnya, Anda sedang melaksanakan tanggung jawab sebagai umat Tuhan serta mengekspresikan rasa syukur pada Tuhan.

Pokok Doa
1. Korp Pegawai Negeri Indonesia (Korpri).
2. Pelayanan Gereja terhadap penyandang cacat.
3. Majelis Bidang Sosial Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design