Mazmur 119:105–144

Mendambakan Perintah TUHAN

24 September 2022
GI Okky Chandra

Kapan untuk terakhir kali, Anda mendengar ungkapan kekaguman seseorang terhadap peringatan TUHAN? Bagi orang yang tidak percaya, perintah TUHAN itu bagaikan kekang yang mematikan kebebasan manusia. Akan tetapi, bagi orang percaya, perintah-Nya itu indah dan ajaib, memberi petunjuk,penguatan, dan penghiburan bagi jiwa. Tuhan Yesus sendiri disebut sebagai Penasihat Ajaib. Pemazmur menyingkapkan bahwa jika kita sungguh-sungguh memahami firman TUHAN, kita akan bisa mengenali keajaiban kuasa-Nya, dan jiwa kita pun akan berpaut kepada-Nya.

Untuk bisa mengagumi firman TUHAN, keindahannya harus lebih dahulu tersingkap di hati kita. Mendengarkan firman TUHAN dengan telinga saja tidak cukup. Sabda Allah harus masuk dan menerangi hati kita! Apa yang membuat firman TUHAN tidak bisa menguasai hati kita? Firman TUHAN bisa terhalang oleh kesombongan atau ketidakpercayaan. Perlu kerendahhatian untuk memohon anugerah TUHAN agar kita bisa mengecap keindahan sabda Allah. Oleh karena itu, sekalipun dianggap bodoh dan diremehkan dunia, orang yang bijak adalah orang yang mengerti firman TUHAN.

Kerinduan yang kuat akan firman TUHAN digambarkan seperti seekor rusa yang lari diburu sehingga mulutnya megap-megap karena lelah dan haus. Gambaran rusa yang kehausan ini mengungkapkan keadaan seseorang yang sangat mendambakan firman TUHAN, bukan hanya untuk memahaminya, tetapi juga untuk menaatinya, bahkan untuk mengajarkannya kepada orang lain.

Kecintaan sang pemazmur terhadap firman TUHAN dituangkan dalam tangisan saat melihat orang yang tidak berpegang pada Taurat TUHAN (119:136). Terlihat bahwa yang diinginkannya adalah agar firman TUHAN dijunjung tinggi, bukan hanya oleh dirinya, tetapi juga oleh seluruh umat manusia yang telah diciptakan seturut dengan gambar dan rupa Allah. Ia berhasrat agar nama TUHAN saja yang dimuliakan.

Sebagai orang Kristen, mungkin Anda dengan mudah berkata bahwa Anda mengasihi Tuhan. Akan tetapi, seberapa kuat cinta Anda kepada firman-Nya? Seberapa rindu hati Anda melihat orang-orang di sekitar Anda menjadi percaya dan menaati perintah Tuhan? Mintalah kepada Tuhan agar Ia terus menyingkapkan keajaiban firman-Nya, supaya kebencian Anda kepada dosa semakin kuat seiring dengan semakin kuatnya kecintaan Anda kepada firman-Nya.

Pokok Doa
1. Korp Pegawai Negeri Indonesia (Korpri).
2. Pelayanan Gereja terhadap penyandang cacat.
3. Majelis Bidang Sosial Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design