Mazmur 127–130

Bekerja Sambil Berserah

28 September 2022
GI Okky Chandra

Firman TUHAN hari ini mengajarkan sebuah prinsip penting bagi kita, yaitu bahwa tanpa berkat TUHAN, semua usaha manusia adalah sia-sia. Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, maka semua usaha manusia tidak akan berhasil (127:1a). Hal ini tidak berarti bahwa manusia tidak perlu berusaha atau bahwa TUHAN akan menurunkan bangunan rumah dari langit! Manusia bertanggung jawab untuk membangun rumah--seperti merancang, menakar bahan bangunan, menggunakan jasa para tukang, dan sebagainya---tetapi dalam iman, kita percaya bahwa di balik semua usaha manusia, terdapat tangan TUHAN yang memimpin seluruh proses pembangunan.

Demikian juga dengan penjagaan sebuah kota. Manusia harus bertanggung jawab, sehingga dibutuhkan aparat keamanan untuk menjaga kota. Namun, tanpa perlindungan TUHAN, semua usaha akan sia-sia. Memang, tidak sedikit orang yang merasa bisa membangun rumah sampai selesai tanpa berdoa kepada Tuhan. Akan tetapi, orang percaya diajar oleh pemazmur untuk mengenali karya Tuhan dan berkat-Nya dalam segala keberhasilan kita membangun atau mencapai sesuatu.

Segala kerja keras manusia tidak selalu menjamin hasil karena TUHAN memberikan berkat-Nya pada waktu manusia tidur. Tentu saja Alkitab tidak sedang menihilkan usaha manusia. Akan tetapi, pemazmur hendak menyingkapkan pentingnya memiliki iman dan hati yang berserah kepada TUHAN. Berapa banyak orang yang bekerja keras sekuat tenaga sampai-sampai kekurangan waktu tidur atau tidak bisa terlelap karena terlalu kuatir akan masa depan? Apakah hasil yang didapat akan sesuai dengan usaha yang diberikan? Dalam hal inilah pemazmur mengajak umat Allah untuk berserah kepada Allah dan percaya, maka Ia akan memberikan hati yang tenang dan penuh damai sejahtera. Seakan-akan, pemazmur ingin mengatakan, "Mengapa hatimu gelisah dan selalu kuatir? Percayalah kepada Allah, maka engkau akan bisa tidur nyenyak dan TUHAN akan memberikan berkat-Nya."

Apakah Anda sedang bergumul dengan masalah kecukupan atau keberhasilan dalam pekerjaan? Biarlah firman Tuhan yang kita baca hari ini menjadi sumber kekuatan dalam menjalani kehidupan sepanjang hari ini. Kerjakanlah apa yang Tuhan percayakan kepada Anda dengan segala kesungguhan hati! Akan tetapi, hendaklah Anda mengerjakan semuanya itu dengan hati yang percaya dan berserah kepada Tuhan, niscaya Ia akan mengirimkan berkat-Nya pada waktu Anda tidur!

Pokok Doa
1. Korp Pegawai Negeri Indonesia (Korpri).
2. Pelayanan Gereja terhadap penyandang cacat.
3. Majelis Bidang Sosial Sinode GKY.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design