Rabu, 17 Desember 2014

Gembala bagi Seluruh Lapisan Jemaat

17 Desember 2014
Rabu, 17 Desember 2014

Bacaan Alkitab hari ini: 1 Timotius 5

Selaku gembala dari sebuah gereja dengan jemaat yang berasal dari berbagai kalangan, latar belakang, dan golongan, Timotius tidak boleh mengabaikan pelayanan terhadap satu lapisan pun dari jemaatnya.

Pertama, golongan yang lebih senior. Sebagai hamba Tuhan yang masih muda, Timotius bisa merasa sungkan untuk melayani golongan senior dan akhirnya mengabaikannya. Namun, Paulus meminta Timotius untuk tetap melayani dan mengasihi mereka; memperlakukan mereka sebagai ayah dan ibu. Kedua, janda-janda. Di dalam Alkitab, pemeliharaan terhadap janda mendapatkan perhatian yang besar. Namun, pelayanan ini harus dilakukan dengan hikmat. Paulus mengingatkan agar hanya janda-janda yang benar-benar sudah tua dan tidak berdaya—namun dalam ketidakberdayaannya tetap berjuang untuk hidup saleh dan melakukan perbuatan baik—yang dipelihara. Janda-janda yang muda dan masih produktif bekerja diminta untuk berusaha hidup dengan usaha tangannya, tetap mempertahankan hidup yang bersih dari hawa nafsu dan mulai melayani orang lain. Ketiga, penatua jemaat. Timotius harus menghargai dan menghormati mereka yang telah melayani dan mengajar dengan baik, menegur dan mendisiplin penatua yang terbukti hidup dalam dosa, serta berhati-hati dan sungguh-sungguh dalam pemilihan penatua. Keempat, budak. Percaya kepada Kristus tidak membuat seorang budak menjadi bebas dan boleh berontak pada tuan mereka. Terhadap tuannya yang Kristen, seorang budak harus tetap melayani, bahkan dengan standar yang lebih tinggi. Terhadap tuan yang belum percaya, seorang budak harus tetap menghormati dan mengabdi pada tuan mereka.

Apakah pelayanan terhadap seluruh lapisan jemaat dalam gerejamu berjalan dengan baik? Lapisan manakah yang terabaikan dan tidak digembalakan? Berdoalah bagi tiap lapisan dan layanilah mereka. [H]

1 Petrus 5:2

“Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri.”
Pokok Doa
1. Kementerian Pertanian.
2. Badan Narkotika Nasional.
3. Panti Asuhan Dorkas.
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.
Yakobus 5: 16
www.gky.or.id | Gereja Kristus Yesus Copyright 2019. All rights Reserved. Design & Development by AQUA GENESIS Web Development & Design